Senin, 06 Juli 2015

MAKALAH Penulisan Surat Lamaran Kerja dan Surat Izin Kuliah



MAKALAH
Penulisan Surat Lamaran Kerja dan
Surat Izin Kuliah


Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Bahasa Indonesia

 

Dosen Pembimbing:
Mohammad Thohir, M.Pd.I

Disusun oleh:
Ahmad Rifa’i Sinaga  (B53214014) C3
Naimatul Mardiyah    (B53214028) C3
Nur Faega                    (B53214031) C3


Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
2014


           
Puji syukur ke hadirat Allah SWT. yang Maha Bijaksana, karena berkat Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini, yang berjudul ”Penulisan Surat Lamaran Kerja dan Surat Izin Kuliah”. Makalah ini dirancang untuk memberikan arahan atau dasar kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai tata penulisan surat lamaran kerja dan surat izin kuliah dengan baik dan benar serta memperluas ilmu tentang penulisan surat lamaran kerja dan surat izin kuliah yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak mengalami kesulitan terutama dalam menemukan buku-buku yang menyangkut topik pembahasan. Namun penulis tetap berusaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan.
Atas dorongan dan bantuan dari berbagai pihak maka penyusunan makalah ini dapat diselesaikan. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Ibu Dr.Hj.Ninin Suhartini, M.Si selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
2.      Bapak Prof.Dr.Moh.Ali Aziz, M.Ag selaku Dosen mata kuliah Ilmu Dakwah.
3.      Bapak Agus Santoso selaku Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam yang selalu memberikan pengarahan.
4.      Bapak Muhammad Thohir, M.Pd.I yang telah memberikan bimbingan dan arahannya sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan.
5.      Pengurus perpustakaan yang telah membantu dalam peminjaman buku.
6.      Dan teman-teman yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
       Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu,  penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca untuk kesempurnaan tugas atau makalah kedepannya. Akhirnya, hanya kepada Allah SWT jugalah kita berharap, semoga apa yang telah dilaksanakan, senantiasa mendapat Ridha dan Karunia-Nya serta tetap bernilai di sisi-Nya. Amin…

                                                                                                Surabaya, September 2014


                                                                                                            Penulis





       Surat lamaran kerja adalah surat dari seorang yang memerlukan pekerjaan (pelamar) kepada orang atau pejabat suatu organisasi/lembaga yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran pekerjaan dapat juga didefinisikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan agar calon karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Pada umumnya seorang yang memerlukan pekerjaan akan mengajukan lamaran setelah ia memperoleh informasi tentang lowongan yang biasanya diperoleh dari teman, kenalan, atau melalui iklan koran, internet dan media massa lainnya. Disamping itu, seseorang dapat juga melamar secara mencoba-coba tanpa mengetahui ada tidaknya lowongan pekerjaan pada instansi yang dilamarnya.
       Ada pepatah mengatakan, penampilan bisa menggambarkan kepribadian seeorang. Sama halnya dengan surat lamaran kerja, karena rata-rata perusahaan atau instansi-instansi melihat pelamar dari surat lamarannya yang mereka ajukan. Maka dari itu salah satu usaha dalam hal menyukseskan diri agar bisa masuk dan diterima di perusahaan yang diincar, yaitu dengan melihat surat lamaran kerja si pelamar. Maka dari itu, penulis akan membahas lebih detail mengenai teknik penulisan surat lamaran kerja.
       Selain pembaca menguasai penulisan surat lamaran kerja, maka pembaca terkhusus bagi mahasiswa perlu pula menguasai penulisan surat izin kuliah, karena mungkin suatu saat nanti pembaca dihadapkan pada situasi yang mendadak sehingga tidak bisa mengikuti jam kuliah. Perlu kita ketahui bahwa membuat surat izin ketika mahasiswa tidak bisa masuk kuliah adalah hal yang sangat wajib, karena dengan dibuatkannya surat permohonan izin kuliah, tentunya akan lebih baik daripada keterangan alfa/absen yang dapat mengurangi nilai hasil studi di universitasnya. Tapi jangan khawatir buat mahasiswa yang belum tahu seperti apa surat izin tidak masuk kuliah, disini penulis juga akan memberikan teknik penulisan surat izin tersebut.
       Oleh karena itu, dari beberapa realita hidup yang sering kita jumpai dan menjadi masalah dalam sehari hari termasuk penulisan kedua surat ini, dimana kedua surat ini sangat penting dan akan sangat diperlukan kelak, penulis mengangkat judul “Penulisan Surat Lamaran Kerja dan Surat Izin Kuliah” agar para pelamar dan mahasiswa paham akan penulisan kedua surat tersebut dengan teknik yang benar.
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.   Apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja dan surat izin kuliah ?
2.   Bagaimanakah teknik penulisan surat lamaran kerja dan surat izin kuliah ?
3.   Apa saja yang perlu diperhatikan pelamar kerja dalam hal penulisan surat lamaran kerja ?
Sesuai dengan permasalahan di atas, tujuan yang dicapai dalam penulisan ini adalah :
1.   Mengetahui arti dari surat lamaran kerja dan surat izin kuliah.
2.   Mengetahui teknik penulisan surat lamaran kerja dan surat izin kuliah.
3.   Mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan pelamar dalam penulisan surat lamaran kerja.
1.   Bagi penulis makalah, makalah ini dapat dijadikan kajian awal untuk melakukan penulisan selanjutnya.
2.   Bagi pihak fakultas, penulisan ini dapat dijadikan dasar untuk membantu meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam hal penulisan surat lamaran kerja dan surat izin kuliah.
3.   Bagi seluruh pembaca, dengan adanya penulisan ini dapat lebih mengetahui mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja maupun surat izin kuliah.


    Pada kehidupan sehari-hari surat memiliki peranan yang cukup penting. Jenis surat bermacam-macam, ada yang bersifat pribadi, kedinasan, maupun perniagaan. [1] Pada makalah ini penulis akan menjelaskan mengenai surat yang bersifat pribadi diantaranya surat lamaran kerja dan surat izin kuliah.
       Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan oleh seseorang untuk melamar pekerjaan pada suatu organisasi/lembaga yang membutuhkan karyawan pada perusahaan tersebut. Pada umumnya ketika melamar kerja, seseorang harus menulis surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan berkas berkas termasuk daftar riwayat hidup. Dalam surat lamaran kerja, dijelaskan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kerja yang cocok atau sesuai dengan posisi/jabatan yang ditawar atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Memperkenalkan diri secara tertulis dengan tujuan untuk memperoleh jawaban dapat mengikuti tes seleksi.[2]
Surat Izin kuliah adalah surat yang diperlukan oleh seorang mahasiswa(i) yang akan tidak masuk kuliah karena beberapa hal. Perlu kita ketahui bahwa kadang pihak kampus tidak begitu mempermasalahkan hadir tidaknya mahasiswa(i) diproses perkuliahan, tetapi akan lebih baik jika hendak tidak masuk kuliah, maka sebaiknya membuat surat izin tersebut. Dengan cara seperti itu, maka nama seorang mahasiswa(i) akan tetap terjaga dengan baik karena telah berusaha untuk tertib dalam administrasi. Selain itu, terkadang dosen dalam kontrak kuliahnya pun berbeda-beda, jadi kita harus mengikuti peraturan dosen tersebut, ada yang bisa izin dengan menggunakan SMS atau ada juga yang harus melampirkan surat keterangan sakit dari dokter jikalau mahasiswa(i) itu izin sakit, yang terpenting jangan pernah meremehkan absen didalam perkuliahan karena setiap absen itu mempunyai penilaian tersendiri pada nilai akhir yang sangat mempengaruhi nilai mahasiwa(i) tersebut karena dengan menuliskan surat izin kuliah, itu menandakan tata kerama mahasiswa yang sopan dan santun.
Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat unsur-unsur sebagai berikut: [4]
a.    Tanggal surat
b.   Salam pembuka
c.    Pembuka surat
d.   Isi
e.    Lampiran/syarat lamaran
f.    Penutup surat
    Sebagai surat (setengah) resmi, surat lamaran pekerjaan ditujukan kepada sebuah lembaga. Surat tersebut disusun berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di surat kabar, majalah, televisi, radio, dan sebagainya. Surat lamaran pekerjaan dapat pula dibuat berdasarkan inisiatif atau kemauan (sendiri) si pelamar. Surat lamaran pekerjaan ditulis tangan di atas kertas bermeterai. Selain itu, perlu dilampiri data pendukung umum dan khusus, seperti : [5]
1. Pendukung umum, antara lain:
a)   Fotokopi sah ijazah atau surat tanda tamat belajar (terakhir), atau sejenisnya;
b)   Pas foto ukuran 3 × 4 atau 4 × 6;
c)   Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian setempat;
d)  Daftar riwayat hidup;
2. Pendukung khusus: sebagaimana dipersyaratkan dalam iklan lowongan, seperti :
a)   Sertifikat kursus komputer,
b)   Sertifikat terampil berbahasa Inggris (aktif),
c)   Surat izin mengemudi (SIM),
d)  Surat persetujuan dari orang tua,
e)   Surat keterangan pengalaman bekerja.
a.    Menggunakan bahasa yang baik dan benar.
b.   Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele.
c.    Surat lamaran kerja hendaknya ditulis secara manual dan memang pelamar yang membuatnya.
d.   Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat melamar kerja.
e.    Usahakan surat lamaran kerja rapi, bersih dan menarik.
f.    Tulislah surat dari sudut pandang pembaca, bukan dari susut pandang penulis.
g.   Tekankan hal-hal yang membedakan dengan pelamar lainnnya.
h.   Hindari menyatakan bahwa Anda menerima pekerjaan apa saja.
i.     Hindari untuk mempermasalahkan gaji, kecuali jika ditanya pada saat wawancara kerja.
j.     Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja dll.
    Selain itu, adapula tips-tips yang lain dalam pelampiran surat lamaran kerja, diantaranya:
a.       Surat diketik rapi
b.      Cetak dengan tinta yang jelas
c.       Kertas surat ukuran A4 atau folio
d.      Cukup satu halaman
Dari beberapa tips diatas, pelamar perlu juga memertikan kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam penulisan, seperti kesalahan fatal yang sering pelamar abaikan yaitu pelamar mencantumkan dua posisi sekaligus dalam sebuah surat lamaran, seperti:
“…saya mengajukan lamaran untuk posisi Web Desing atau Programmer di perusahaan Bapak…” penulisan seperti ini tidak akan masuk seleksi. surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja dll. [6]
     1.  Surat Lamaran Kerja
Makassar, 19 Juli 2014
Hal      : Permohonan Lamaran Pekerjaan
Lamp. : 7 Lembar

Yth. Direktur  Bosowa
PO Box 960719
Jln. Abu Bakar Lambogo
Makassar

Dengan hormat,
     Berhubung dengan iklan yang dimuat dalam Harian Fajar Pos tanggal 16 Juli 2014 yang sangat menarik perhatian saya tentang adanya lowongan pekerjaan pada Perusahaan Bosowa yang Bapak pimpin dan membutuhkan karyawan sebagai staf  kantor. Maka yang bertanda tangan di bawah ini:

  nama                           : Naimatul Mardiyah
  tempat/tanggal lahir   : Parepare/20 Oktober 1996
  alamat                         : Jalan  Abu Bakar Lambogo No.53
  pendidikan                  : S1

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak, agar diterima sebagi karyawan pada Perusahaan Bosowa sebagai staf kantor. Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya lampirkan:

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi ijazah terakhir
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi sertifikat kursus komputer dan bahasa Inggris
5. Surat pernyataan bebas narkoba
6. Surat keterangan berbadan sehat
7. SKCK dari kepolisian
8. 4 lembar pas foto terbaru ukuran 4x6  

Demikian permohonan saya, semoga dapat dipertimbangkan.
Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

                                                                        Hormat saya,

                                                                                                           Naimatul Mardiyah



Surabaya, 20 September 2014
Kepada,
Yth.
Bapak Mohammad Thohir, M.Pd.I
di - Universitas
Islam Sunan Ampel Surabaya

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                  :
Ahmad Rifa’I Sinaga
NIM                   : B53214014
Kelas                  : C3
Program Studi    : Bimbingan Konseling Islam Sem-I
Fakultas              : Dakwah dan Komunikasi

Mengajukan izin dan permohonan maaf  karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia pada hari Senin, 22 September 2014, berhubung karena saya harus menghadiri acara pernikahan kakak kandung saya di Medan, Sumatra Utara. Mengingat pentingnya acara tersebut maka saya mohon agar Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerimanya dan akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.
Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang diberikan saya mengucapkan terima kasih.
                                                                    Dengan Hormat

                                                                    Ahmad Rifa’I Sinaga

  

   Contoh pengajuan surat izin kuliah ini karena mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia pada hari Senin, 22 September 2014 karena bertepatan dengan hari pernikahan kakak kandungnya yang harus pula Ia hadiri pada hari yang sama tersebut.    





BAB III
 Berdasarkan penulisan makalah ini, dapat disimpulkan bahwa menulis dan mengirim surat lamaran menjadi begitu penting ketika seseorang merasa membutuhkan pekerjaan setelah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu. Mengingat pentingnya, surat lamaran pekerjaan harus dibuat dengan secermat-cermatnya, baik dari segi bahasa maupun isinya. Akan tetapi, sebaik apapun sebuah surat lamaran ditulis dan dikirim, masih ada yang jauh lebih baik, yakni menerima surat lamaran. Itu artinya Anda haru menciptakan lapangan pekerjaan, minimal untuk diri sendiri!. Selain surat lamaran kerja, pembahasan mengenai surat izin kuliah juga sangat penting bagi mahasiswa(i) yang memerlukan surat tersebut dan tidak dipungkiri bahwa teknik penulisannya harus diperhatikan juga.
      Berdasarkan isi makalah ini, penulis menyarankan agar dalam menulis surat, baik itu surat resmi maupun surat non-resmi, teknik penulisannya harus diperhatikan dengan baik dan unsur-unsur yang terdapat didalamnya diperhatikan dengan seksama pula.


E. Kusnadi H., dkk.. Belajar Efektif Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA kelas X Ilmu Alam/          Ilmu Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2009.

Juhara, Erwan, dkk.. Berbahasa Indonesia dengan Efektif untuk Kelas XII Program Bahasa.         Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2009.

Marsudi, Demas. dkk.. Bahasa dan Sastra Indonesia 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen       Pendidikan Nasional. 2009.

Salim, Agus. Tips & Trik Ekstrim Melamar Pekerjaan. Bandung: Buku Profitable. 2007
Setiono, Agus, dkk.. Piawai Berbahasa Cakap Bersastra Indonesia 3 Untuk SMA/MA Kelas         XII (Program IPA dan IPS). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan                        Nasional. 2009.



[1] E. Kusnadi H., dkk., Belajar Efektif Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA kelas X Ilmu Alam/Ilmu Sosial, (Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2009, hal.76
[2] Agus Salim, Tips & Trik Ekstrim Melamar Pekerjaan, (Bandung: Buku Profitable. 2007), hal. 8
[3] Demas Marsudi, dkk., Bahasa dan Sastra Indonesia 3, (Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2009), hal. 33

[4] Erwan Juhara, dkk., Berbahasa Indonesia dengan Efektif untuk Kelas XII Program Bahasa, (Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009), hal.46
[5] Agus Setiono, dkk., Piawai Berbahasa Cakap Bersastra Indonesia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII (Program IPA dan IPS), (Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009), hal.8
[6] Agus Salim, Tips & Trik Ekstrim Melamar Pekerjaan, hal. 8-9

1 komentar:

  1. yg di simpulan itu bukan kesimpulan, tapi saran !! piye toh. ..
    kesimpulan itu merangkum apa yg anda bahas di atas, bukan memberi masukan.
    Di kolom saran lah dmn tempat anda memberi masukan tsb.

    BalasHapus